Daftar Pusaka

Home » » Makna Filosofi Pamor Tumpuk Dan Rojo Gundolo

Makna Filosofi Pamor Tumpuk Dan Rojo Gundolo

Keris Bertuah Ampuh Sakti Pamor Rojo Gundolo


TUMPUK.
Terletak dibagian sor-soran, bentuknya menyerupai garis melintang antara tiga sampai lima lapis, manfaatnya seperti Udan Mas, memudahkan “menumpuk” rejeki. Pada umumnya kerisnya lurus dengan dapur kalau tidak Tilam Upih atau Brojol.

ROJOGUNDOLO .
Sebagian orang menyebut Gundolorojo. Umumnya terletak ditengah sor-soran, namun adakalanya terletak agak ketengah bilah keris. Bentuknya mirip gambar mahluk yang menakutkan, kadang seperti perempuan kadang seperti laki-laki atau juga hewan. Rojogundolo yang bertuah biasanya yang dari pamor tiban dan bukan rekan.
Umumnya bersifat perlindungan terhadap pemiliknya, bisa digunakan menolak guna-guna, memindahkan mahluk halus, membersihkan rumah “angker” bahkan jika kerisnya istimewa bisa digunakan menyembuhkan orang yang kesurupan. Tergolong pamor tidak pemilih dan bisa juga terdapat di tombak atau pedang.
Masih banyak lagi pamor yang belum terdata disini, pamor buatanpun sering tidak terdata dengan baik dan kadang penamaan pamor juga hanya berdasarkan gambar yang terjadi belum ada padanannya atau juga karena timbul kreasi baru dari sipemesan keris kepada sang empu agar dibuatkan pamor seperti rancangannya.
Semua masukan mengenai pamor yang baik tercantum didalam tulisan ini ataupun belum tercantum sangat diharapkan untuk melengkapi data dan kekayaan informasi pamor agar informasi itu tidak hilang begitu saja.






Keris Pusaka, Keris Ampuh, Pamor Tumpuk, Pamor Rojogundolo, Tuah Keris Pusaka, Tuah Pamor Rojo Gundolo, Gundolorojo, Keris Pusaka, Mahar Keris, Mahar Pusaka, Tangguh Keris, Tangguh Pusaka, Kujang Sepuh, Pamor Tombak, Tuah Keris, Mahar Terjangkau, Naga Raja, Sengkelat Sepuh, Tangguh Badik, Kujang Sepuh, Keris Sepuh

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.